Ads

Senin, 19 Oktober 2009

Kode Etik Blogger

Semua bidang pekerjaan / komunitas pasti mempunyai kode etik, dimana kode etik tersebut berfungsi untuk menjaga agar angota dari bidang tersebut tidak menyimpang dari tujuan awal suatu pekerjaan / komunitas tersebut.

Saya mencoba untuk mendata kode etik dalam blogging, tapi ini menurut saya lho:

1. Seorang blogger wajib membuat / berkarya dengan artikel tulisan sendiri, walaupun dengan tema yang sama yang mungkin sudah dibuat oleh orang lain, yang penting artikel adalah hasil karya sendiri
2. Kalaupun kita menampilkan sebagian / seluruh artikel orang lain, sebenarnya kita tidak perlu meminta izin tetapi kita wajib untuk mencantumkan link / source dari artikel yang kita pakai tersebut.
3. Dalam blogging ke blog orang lain, kalau kita membaca artikel dalam blog tersebut, seharusnya kita meninggalkan pesan / komentar, walaupun hanya satu kata, dengan begitu kita sudah menghargai sang pemilik blog tsb.
4. Juga untuk pemilik blog yang mendapat pesan / komentar dari pengunjung, seharusnya juga sang pemilik memberikan tanggapan dan juga mengunjungi balik blok orang yang memberi komentar tsb.
5. Setidaknya dengan empat hal diatas, muncul sebuah sinergi positip antar blogger karena blogger adalah dunia kita, hidup blogger.

Tentunya kode etik diatas masih banyak kekurangannya, mungkin teman2 bisa menambahkan atau ada yang kurang setuju?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Ads